Hari Perkiraan Lahir

24 Desember 2008

 

Akhir-akhir ini saya bingung dengan perhitungan hari kelahiran anak kami nanti. Ketika saya periksa di Bidan dekat rumah, memperkirakan akan lahir pada tanggal 14 Maret 2009, dan ketika ke Rumah Sakit terdekat diperkirakan tanggal 9 Maret 2009. berubah terus sampai-sampai saya bingung harus ambil cuti melahirkan di kantor itu mulai tanggal berapa sih?! :-O

 

Saya coba cari-cari artikel tentang masalah ini, dan banyak yang menghitung mulai dari hari terakhir haid atau malah 1 minggu setelah haid selesai. Karena masa subur wanita itu banyak yang berpendapat bahwa 1 minggu setelah haid, maka saya coba menghitungnya kembali. Tapi ternyata tidak sesuai dengan hasil computer yang di rumah sakit berada. Yang saya tahu, masa mengandung itu adalah 9 bulan 10 hari. Tapi tidak dapat di prediksi secara pasti kapan pastinya. Allahu A’lam. Hanya Allah yang tau.

 

Saya coba menghitung sendiri dari rumus yang saya dapat dari mas Usia Kehamilan Tidak Bisa Ditentukan Dari Berat Bayi” di situ saya dapatlah rumus untuk menghitung perkiraan lahiran sang anak kami kelak 🙂

 

 

Rumusnya adalah :

  HPL = (Hari + 7)  (Bulan-3) (Tahun+1)

Contoh:
Hari pertama haid terakhir: 8 Juni 2008

HPL = Hari:(8+7)    Bulan:(6-3)   Tahun: (2008+1)
        = 15 3 2009
        = 15 Maret 2009

Ket.:

HPL : Hari Perkiraan Lahir

Rumus ini mengasumsikan bahwa usia mengandung sampai melahirkan adalah 40 minggu atau 280 hari untuk ibu dengan situs haid teratur (28 hari). Tetapi karena masih “perkiraan” maka ada kemungkinan maju atau mundur. Menurut informasi dari dokter, maju paling cepat adalah 3 minggu dan mundur maksimal 1 minggu. Untuk yang mundur-nya lebih dari 1 minggu, air ketuban akan habis dan bisa mengakibatkan bayi meninggal di dalam kandungan.

Nah… Dari sinilah aku dapat jawaban kapan aku harus ambil cuti untuk melahirkan :”> Yaitu 3 minggu sebelum HPL. Yaitu tanggal, bulan, tahun (terlampir) : (dilingkari) 😀 ((Salam Cinta dan Sayanfebruari-20091g dari Bunda dan Ayah untuk mu Nak’))

kamu Begitu Special di Hati kami <ayah bunda>, jadilah anak yang baik yach, lebih dari Ayah dan Bunda. Allah sudah Merencanakannya untuk kita. maka Bunda Yakin akan Kekuasaan-Nya. Semoga Kamu menjadi Anak yang Sholeh/sholehah. dan yang terpenting kamu dapat limpahan rahmat yang luar biasa dari-Nya. maka bersyukurlah. jangan pernah henti bersyukur. cukup dengan 1 kata : “Alhamdulillah”🙂

About bundadinda

Simple, suave, sexy, smart, and strong ^_^ enough

Posted on Desember 24, 2008, in Bayi kita and tagged . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. Perkiraannya adalah 15 Maret 2009, tapi alhamdulillah telah lahir dengan normal pada tanggal 11 Maret 2009 pukul : 08.00 WIB

Tinggalkan Balasan

